Senin, 19 Maret 2012

Tugas Ilmu Budaya Dasar Pertama

1. Jelaskan pengertian dan tujuan ilmu budaya dasar ?

         Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkandi Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa Inggris “The Humanities”. Istilah humanities sendiri berasal dari bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya, dan halus. 

           Tujuan dasar dari Ilmu Budaya Dasar ini tidak lain adalah untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai persoalan budaya serta persoalan yang dihadapi manusia. Selain itu IBD tidak bermaksud menggambarkan disiplin ilmu yang merujuk hanya satu bidang saja, melainkan mengambarkan berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya pengetahuan budaya (the humanities). Di samping itu, IBD turut serta dalam pengembangan kerpibadian bagi kita yang mempelajarinya. Dengan mempelajarinya kita memperoleh banyak wawasan dan pemikiran. Sehingga dengan begitu kita bisa menjadi lebih kritis terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut diri kita, orang lain mapun alam sekitar kita.

2. Apa pengertian dari kebudayaan ?

           Kebudayaan adalah keseluruhan kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat, dan semua kemampuan lain dan kebiasaan yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Budaya merupakan bagian integral dari setiap masyarakat. Termasuk perilaku dan cara-cara di mana seseorang dan hidupnya. Budaya sangat penting bagi keberadaan masyarakat, karena mengikat orang bersama-sama. Dalam kebudayaan itu sendiri sebagai contoh meliputi musik, makanan, seni dan sastra dari masyarakat. 
Budaya adalah alat kompleks bagi setiap individu untuk bertahan hidup di masyarakat. Dengan kata lain, yaitu cara di mana orang berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat. 

3. Sebutkan macam-macam  kebudayaan baik  kebudayaan yang di indonesia maupun budaya asing ?

kebudayaan-kebudayaan yang ada di indonesia : 

Alat musik :
-  Angklung berasal dari jawa barat
- Gamelan berasal dari jawa tengah
- Tanjidor berasal dari betawi
- Babun berasal dari kalimantan selatan
- Floit berasal dari maluku
 dll

Rumah Adat :
-  joglo (jawa)
- Rumah gadang (sumatra barat)
- Rumah limas (sumatra selatan)
- Krong pade (aceh)
- Rumah musalak (kalimatan timur)
dll

Tarian :
Tortor (Batak)
- Yapong (Betawi)
- Saman (Aceh)
- Kecak (Bali)
- Kuda Lumping (Jawa)
dll

pakaian :
- Songket (Sumatera Selatan)
- Ulos (Sumatera Utara)
- Tenun Ikat (NTT)
- Batik (Jawa)
dll

lagu :
- ampar-ampar pisang (kalimantan selatan)
- anak kambing saya (nusa tenggara timur)
- angin marimi (sulawesi selatan)
- anju ahu (sumatra utara)
- apuse (papua)
- ayam den lapeh (sumatra barat)
- kicir-kicir (jakarta)
- es lilin (jawa barat)
dll

Macam-macam Kebudayaan Asing
Dalam lingkup lebih luas dikenal dengan adanya nilai-nilai budaya asing, nilai budaya asing itu yang bisa di bedakan menjadi budaya barat dan budaya timur.
- Budaya Timur
Macam-macam kebudayaan yang pertama adalah budaya bangsa timur yang pada intinya bersumber pada nilai agama. Inti kepribadian buaya tmur terletak pada hatinya dimana dengan hatinya mereka bisa menyatukan akal budi, ituisi, intelegnsi dan perasaan.
Sesuatu yang baik menurut budaya timur adalah sesuatu yang diperoleh melalui pencairan zat yang satu, didalam diri kita ataupun di luarnya. Sikap orang timur terhadap alam adalah menyatu dengan alam, tidak mengeksploitasi alam, bahkan menginginkan harmoni dengan alam. Sebab alam merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan manusia.
Indonesia adalah sebagian wilayah yang menganut budaya timur, harus mementingkan kerohanian, keharmonisan, gotong-royong, dan perasaan manusia antar manusia, manusia dengan Tuhan. Oleh sebab itu, macam-macam kebudayaan Indonesia banyak memiliki kriteria yang sama dengan kebudayaan timur.

- Budaya Barat
Macam-macam nilai kebudayaan barat cenderung berbalik dengan kebudayaan timur. Kebudayaan barat menekankan dunia objektif dibandingkan perasaan sehingga pola pemikirannya menghasilkan sains dan teknologi.

4. Hubungan ilmu budaya dasar dengan jurusan sistem informasi ?

1. kita harus mengerti apa arti Ilmu Budaya Dasar itu???
    Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pada suatu jenjang perkuliahan,dan di terapkan langsung untuk menghadapi suasan kerja yang akan di terimanya sewaktu lulus dari perkuliahan. disini kita di ajarkan tentang bagaimana norma - norma atau sopan santun yang berlaku di suatu lapangan kerja yang akan menerima kita untuk bekerja.
2. kita harus mengerti apa arti Sistem Informasi itu???
   Sistem berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi,materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. jadi sistem menurut saya adalah suatu komponen atau elemen yang di hubungkan untuk membentuk suata tujuan.
Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi .
jadi pengertian sistem informasi adalah  :
Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
jadi kaitannya Sistem Informasi dengan Ilmu Budaya Dasar adalah untuk perkuliahan yang mengambil jurusan sitem informasi bertujuan untuk membuat atau mengendalikan sebuah aplikasi untuk mendukung kemudahan untuk mengoperasikan sebuah komputer dengan cara membuat atau mengkreasikan sebuah aplikasi lalu di jual ke pengguna komputer yang membutuhkannya.di sinilah terjadinya sebuah transaksi antara penjual dan pembeli. bisa saja kita menjualnya ke luar daerah. dan ini lah saat nya kita memperagakan atau memperaktekkan pelajaran Ilmu budaya dasar yang kita pelajari saat di perkuliahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar